LARANGAN 🚫

Whatsapp

134 views

Hal-hal yang harus dihindari, dalam perbualan chat whatsapp, namun jika ada alasan lainnya bisa saja dilakukan

Membanjiri soalan kepada lawan bicara dalam 1 kali pesan, yang mana soalan tersebut seharusnya ditanyakan secara bertahap, artinya dari soalan 1 sudah bisa ditentukan apakah akan menanyakan soalan berikutnya atau tahan dulu.

Contoh: Assalamualaikum pak, bagaimana daging yang kemarin apakah sudah dicoba, bagaimana pendapatnya mas, apakah bisa cocok pakai daging Madina Kebab mas?

Kesan: Karena bingung menjawab, lawan bicara justru hanya membaca saja tanpa menjawab, atau misal belum dicoba akhirnya sebagian soalan tidak bisa dijawab sehingga semuanya tidak dijawab sama sekali

Jika dalam merespon memerlukan jawaban yang panjang maupun memerlukan lawan bicara ketik panjang, sebaiknya alihkan kepada pembicaraan telfon saja. Lalu diikuti dengan janjian kunjungan untuk lebih tuntas. Terutama dalam merespon komplainan.

Kesan : Alih-alih menyelesaikan masalah, malah menjadi debat dan emosi.

Tidak bisa dihindari pelanggan maupun prospek akan coba hubungi sales diluar jam kerja. Pada kondisi ini respon awal harus dilakukan, misalnya:

Saya bantu cek dulu ya, mas/pak/bu.

Lalu

Saya kabari kembali Senin/ besok ya. (pas masuk kerja kembali)

Tidak sama sekali dibiarkan tanpa respon awal.


Sebagai sales harus siap dihubungi kapan pun, namun kepada lawan bicara hindari beberapa waktu ini.

1. Waktu istirehat lawan bicara (awal pagi maupun malam apalagi tengah malam)
2. Waktu santai hujung minggu lawan bicara
3. Waktu beribadah
4. Waktu padat /puncak dimana sedang sangat sibuk
5. Atas permintaan waktu tertentu oleh lawan bicara langsung

*kecuali memang sedang dalam suatu projek atau lawan bicara yang meminta maupun mengizinkan.

Kesan : Biasanya akan dianggap mengganggu dan hanya akan dibaca saja dan lama kelamaan tidak akan menggubris obrolan karena tidak menghargai waktu tenang.

Bagikan dokumen ini

Whatsapp

atau salin link ini :

SUB TOPIK